Selasa, 02 Maret 2010

TUBUH FIT, PIKIRAN SIP, NILAI AJIB….

Anak-anakku,
Semua siswa SMK BINUSA, sekarang sudah musim hujan. Penyakit mudah sekali menyerang tubuh kita. Kalau kita tidak menjaga kesehatan dengan baik jangan salahkan kalau kalian terpaksa di rumah sakit…
Ingatkah kalian semboyan dari Yunani “Men sana in corpora sano”???
Intinya apabila tubuh kita sehat, insyaAllah jiwa kita pun sehat…
Apa sih yang perlu kita lakukan agar tubuh tetap fit dan dampaknya berangkat ke sekolah pun tetap sip..??? tidak perlu macam-macam.. Asal kita peduli terhadap tubuh kita sendiri maka siap perang dan menang melawan penyakit..

1. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
Kenapa harus air putih? Kenapa tidak Pop-ice atau minuman ringan lainnya. Air putih mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral dalam air putih bisa menetralisir racun-racun yang ada dalam tubuh.

2. SARAPAN TERLEBIH DAHULU SEBELUM BERANGKAT KE SEKOLAH.
Sarapan itu penting ! Tubuh kita dalam sehari membutuhkan energy. Dalam sehari kalian sekolah tentu menghabiskan banyak energy baik secara fisik maupun pikiran. Bagaimana kalian bisa berpikir jernih apabila kalian tidak memasok energy.

3. MAKAN-MAKANAN YANG CUKUP MENGANDUNG GIZI YANG DIBUTUHKAN TUBUH.
Ingat pesan orang jaman dulu “Jangan jajan sembarangan!” Pastikan makanan yang kalian makan tidak banyak mengandung bahan pengawet. Perbanyak sayuran. Mungkin alternatifnya cobalah membawa bekal dari rumah.

4. KONSUMSI VITAMIN BILA DIPERLUKAN
Jika kondisi bena-benar mulai drop, jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan yang kurang aman. Konsumsi vitamin C atau penambah darah untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

5. ISTIRAHAT YANG CUKUP (JANGAN SUKA BEGADANG)
Pada usia kalian (berkisar 14 – 16 tahun) membutuhkan waktu istirahat yang cukup kurang lebih 6 jam. Jangan suka begadang ya anak-anakku. Istirahat yang cukup tapi jangan lupa B-E-L-A-J-A-R !!!!

6. OLAHRAGA DAN MENGGERAKKAN TUBUH SANGAT PENTING…
Apabila kondisi mulai menurun, jangan justru bermalas-malasan. Hal ini memberi kesempatan pada penyakit untuk merajalela tubuh anda.

7. JAGALAH KEBERSIHAN DIRI, LINGKUNGAN RUMAH, MAUPUN DI SEKOLAH…

8. MARI KITA HIDUP SEHAT…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar